PERANAN & PERMASALAHAN LINGKUNGAN DALAM KAJIAN ISLAM & SAINS - Ekologi: Kata
ekologi berasal dari bahasa Yunani,bentukan dari kata Oikos = habitat dan Logos
= Ilmu. Maka Ekologi diartikan ilmu yang mempelajari interaksi antara Organisme
& Lingkunganya.
Belajar tentang ekologi sangat erat
hubunganya dengan Tingkatan-tingkatan organisme makhluk hidup mulai dari:
1.
Individu : Makhluk hidup tunggal
2.
Populasi : Kumpulan dari beberapa
individu sejenis dalam ruang dan waktu tertentu
3.
Komunitas : Kumpulan dari beberapa
populasi dalam ruang dan waktu tertentu
4.
Ekosistem : Hubungan timbal balik
antara makhluk hidup dengan Lingkunganya
Ekosistem sendiri memiliki 2 komponen
penyusun yaitu:
Ø
Komponen Abiotik : komponen benda
tak hidup contohnya: air, suhu, cahaya, kelembaban, tanah, udara dll
Ø
Komponen Biotik : komponen benda
hidup,komponen biotik dibagi menjadi 3 jenis organisme: 1. Organisme Autotrof:
makhluk hidup yang mampu membuat makananya sendiri (biasanya disebut produsen)
2. Organisme Hiterotrof: makhluk hidup yang membutuhkan makhluk lainya
untuk dapat bertahan hidup (biasanya disebut herbivora & karnivora)
3.Organisme Dekomposer: makhluk hidup pengurai bahan organik dari
organisme mati menjadi mineral ( bakteri & jamur)
Ekosistem secara garis besar,dibedakan
menjadi ekosistem darat dan ekosistem perairan.
Ekosistem darat: ekosistem yang
lingkungan fisiknya berupa daratan. Ekosisitem darat dibedakan menjadi:
·
Bioma Gurun: di daerah tropika
,gersang, curah hujan rendah, perbedaan suhe siang & malam hari sangat
besar, tumbuhanya berukuran kecil seperti duri, kaktus, hewannya seperti ular,
kadal, kalajengking
·
Bioma Padang Rumput: curah hujan
tidak teratur,drainase tinggi, tumbuhanya: rumput, hewan: bison, zebra,
srigala, kanguru, jerapah dll
·
Bioma Hutan Basah: curah hujan 200-225
cm/th, pohon tinggi membentuk tudung (kanopi), tumbuhanya khas liana, hewan:
kera,burung,babi hutan,harimau
·
Bioma Hutan Gugur: curah hujan
merata, didaerah yg memiliki 4 musim, jenis pohon sedikit, hewan: rusa,
beruang, bajing, pelatuk, rakoon
·
Bioma Taiga: di bumi belahan
utara & pegunungan daerah tropis, suhu musim dingin rendah, hutanya:
konifer, pinus. Hewan: beruang hitam, burung-burung yg migrasi ke selatan pada
musim gugur.
·
Bioma Tundra: dilingkungan Kitub
utara & puncak gunung yang tinggi, hewan: rusa kutub, beruang kutub,
tumbuhan yang hidup tumbuhan biji semusim & yang kayunya pendek
Ekosistem Perairan dibedakan
menjadi:
Ø
Ekosistem Air Tawar: ciri2nya:
variasi suhu tidak mencolok,penetrsi cahaya kurang, terpengaruh musim &
cuaca
ada 2 macam ekosistem
air tawar:
1.
Air tenang seperti danau &
rawa
2.
Air mengalir seperti sungai
Ø
Ekosistem Air laut: ciri2nya:
kadar garam tinggi, tidak terpengaruh iklim & cuaca
macam-macam
ekosistem air laut: 1. Eko.pantai 2. Eko.estuari 3. Eko.terumbu karang
Peranan
lingkungan dalam kajian Islam:
1.
Lingkungan Keluarga:
Dalam lingkungan
keluarga orang tua yg menentukan pola pembinaan bagi anaknya,dalam islam pun
menekankan agar setiap manusia dapat memelihara dirinya & keluarganya dari
bahaya siksa api neraka, termasuk menjaga anak & harta agar tidak menjadi
fitnah. Caranya dengan memberikan pendidik kepada anak secara
maksimal,memberitahukan mana yg baik & mana yg buruk.
Pengelolaan
lingkungan keluarga haruslah memiliki strategi & kiat-kiat yg dapat
diterima akal anak,tidak dengan pemaksaan kehendak dan tetap berpegang teguh
pada perinsip bahwa lingkungan keluarga adalah urutan pertama untuk bertauhid.
Sistem
pengelolaan lingkungan keluarga secara Islam ditujukan pada:
Pengelolaan
keluarga yang bertauhid,mawadah,warahmah,berakhlakul karimah,
Menegakan amar
ma’ruf nahi munkar,berpendidikan,berpengetahuan serta memanfaatkan ilmu untuk
kepentingan umum.
2.
Lingkungan Pendidikan Sekolah:
Peran pendidik
sangat dibutuhkan dalam hal memberikan perhatian pada anak didik agar proses
pengajaran berjalan secara konduktif. Perlu diketahui setiap anak didik
memiliki perbedaan individual:
·
Biologis: berhubungan dengan
fisik,kesehatan & mentalitas anak didik
·
Intelektual: berhubungan
kapasitas & potensi intelektual anak didik
·
Psikologis: berhubungan dengan
kondisi kejiwaan anak didik
Pengelolaan
lingkungan pendidikan sekolah haruslah mengedepankan:
Pengelolaan
norma,nilai,etika,keimanan peserta didik & dikelola dengan iklas
3.
Lingkungan Masyarakat:
Dalam lingkungan
masyarakat manusia akan menemukan peristiwa asing,baik atau buruk, terpuji atau
tercela yang terus memberikan pengaruh positif atau negatif.
Dalam ekologi
Islam dikemukakan sebagai berikut:
1.
Menciptakan lingkungan yg bersih
dari kemaksiatan akhlak & budi pengerti yang baik menurut
agama,undang-undang,norma-norma yg berlaku di masyarakat,serta mengamalkanya.
2.
Menciptakan pendidikan yang amar
ma’ruf nahi mungkar
3.
Adanya sanksi sosial bagi
masyarakat yang merusak lingkungan sesuai hukum dan nilai-nilai islam
4.
Pengelolaan sumber daya alam
5.
Pengembangan teknologi tepat guna
Permasalahan
Lingkungan dalam Kajian Islam:
1.
Keserakahan Manusia sebagai
Khalifah di Bumi:
Manusia
diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang sempurna di bumi ini agar mampu
memanfaatkan semua yg tersedia dibumi dengan baik dan sesuai kebutuhan,namun
kelakuan manusia dilihat dewasa ini sering mengutamakan keuntungan individu
tanpa memikirkan akibat untuk masyarakat banyak, misalnya: penebangan pohon secara
liar yg mengakibatkan banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim
kemarau,dampak tersebut harus dirasakan masyarakat banyak.
2.
Kurangnya Kesadaran Manusia
Merawat Alam:
Dalam islam kebersihan
ialah sebagian dari Iman,namun masih banyak umat islam yang kurang atau bahkan
tidak peduli akan hal tersebut. Misalnya saja banyak masyarakat yang masih
membudayakan membuang sampah pada sungai yang mengakibatkan aliran air sungai
terhambat dan sampak menumpuk,lama kelamaan ekosistem sungai terganggu bahkan
organisme sungai akan mati,untuk mengembalikan ekosistem sungai menjadi normal
membutuhkan waktu yang lama.
Peran Lingkungan dalam Kajian Sains:
Sebagai Pembagian Ilmu Pengetahuan:
A.
Ilmu
Pengetahuan Sosial:
Yakni membahas hubungan antar manusia sebagai makhluk sosial, yang
selanjutnya dibagi atas :
1.
Psikologi, yang mepelajari proses mental dan tingkah laku
2.
. Pendidikan, proses latihan yang terarah dan
sistematis menuju ke suatu tujuan
3.
Antropologi,
mempelajari asal usul dan perkembangan jasmani, sosial, kebudayaan dan tingkah
laku sosial
4.
Etnologi,
cabang dari studi antropologi yang dilihat dari aspek sistem sosio-ekonomi dan
pewarisan kebudayaan terutama keaslian budaya
5.
Sejarah,
pencatatan peristiwa-persitiwa yang telah terjadi pada suatu bangsa. Negara atau individu
6.
Ekonomi, yang berhubungan dengan produksi, tukar
menukar barang produksi, pengolahan dalam lingkup rumah tangga, negara atau
perusahaan.
7.
Sosiologi, studi tentang tingkah laku sosial, terutama
tentang asal usul organisasi, institusi, perkembangan masyarakat.
B.Ilmu Pengetahuan Alam
,
Yang membahas tentang alam semesta dengan semua isinya dan selanjutnya terbagi atas:
1.Fisika, mempelajari benda tak hidup dari aspek wujud dengan perubahan yang bersifat sementara. Seperti : bunyi cahaya, gelombang magnet, teknik kelistrikan, teknik nuklir
2.Kimia, mempelajari benda hidup dan tak hidup dari aspek sususan materi dan perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi kimia organik (protein, lemak) dan kimia anorganik (NaCl), hasil dari ilmu ini dapat diciptakan seperti plastik, bahan peledak
3.Biologi, yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya.
1.Fisika, mempelajari benda tak hidup dari aspek wujud dengan perubahan yang bersifat sementara. Seperti : bunyi cahaya, gelombang magnet, teknik kelistrikan, teknik nuklir
2.Kimia, mempelajari benda hidup dan tak hidup dari aspek sususan materi dan perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi kimia organik (protein, lemak) dan kimia anorganik (NaCl), hasil dari ilmu ini dapat diciptakan seperti plastik, bahan peledak
3.Biologi, yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya.
a.
Botani, ilmu yang mempelajari tentang
tumbuh-tumbuhan
b.
Zoologi ilmu yang mempelajrai tentang hewan
c.
Morfologi ilmu yang mempelajari tentang
struktur luar makhluk hidup
d.
Anatomi suatu studi tentang struktur dalam atau
bentuk dalam mahkhluk hidup
e.
Fisiologi studi tentang fungsi atau faal/organ
bagian tubuh makhluk hidup
f.
Sitologi ilmu yang mempelajari tentang sel
secara mendalam
g.
Histologi studi tentang jaringan tubuh atau
organ makhluk hidup yang merupakan serentetan sel sejenis
h.
Palaentologi studi tentang makhluk hidup masa
lalu
C. Ilmu Pengetahuan Bumi
dan Antariksa
Studi tentang bumi sebagai salah satu anggota
tatasurya, dan ruang angkasa dengan benda angkasa lainnya.
1.Geologi, yang membahas tentang struktur bumi. (yang
bahasannya meliputi dari ilmu kimia dan fisika) contoh dari ilmu ini petrologi
(batu-batuan), vukanologi (gempa bumi), mineralogi (bahan-bahan mineral)
2.Astronomi, membahas benda-benda ruang angkasa dalam alam semesta yang meliputi bintang, planet, satelit da lain-lainnya. Manfaatnya dapat digunakan dalam navigasi, kalendar dan waktu.
2.Astronomi, membahas benda-benda ruang angkasa dalam alam semesta yang meliputi bintang, planet, satelit da lain-lainnya. Manfaatnya dapat digunakan dalam navigasi, kalendar dan waktu.
Permasalahan Lingkungan dalam kajian sains:
1.
Masalah Pertumbuhan
Pendududuk dan Sumber Daya Alam
Pertumbuhan penduduk begitu cepat dapat dilihat pada tahun 1975
penduduk bumi berjumlah 3,967 milyar, th 1991 berjumlah 5 milyar,dan th 2000
sejumlah 6,253 milyar jiwa,sudah dapat dipastikan kebutuhaan sumber daya alam
akan semakin meningkat. Hingga saat ini masih terus dilakuka eksploitasi yang
akan memyebabkan ketersediaan sumber daya alam berkurang bahkan dapat habis
untuk SDA tidak dapat diperbaharui.
2.
Masalah Polusi
udara
Hal ini telah menjadi kekhawatiran publik terutama yang tinggal
dikota dan daerah industri,bahkan para ahli meteorologo mengatakan bahwa polusi
telah meliputi seluruh atmosref bumi. Polusi udara disebabkan berbagai macam hal
misalnya: pabrik besi baja,penyulingan minyak bumi,pabrik petrokimia dan
kendaraan bermotor.yang semua itu mengeluarkan polutan gas berupa: karbon
monoksida, nitrogen oksida, belerang oksida, hidrokarbon, partikel padat dll.
Bahaya dari polusi udara sangatlah banyak diantaranya timbulya
berbagai penyakit bahkan kematian.
3.
Masalah Polusi
Air dan Tanah
Polutan dapat juga mencemari air dan tanah yang keduanya memiliki
hubungan yg erat sehingga sukar untuk dibahas satu-satu.Polutan yg masuk ke
sistem perairan seperti detergen,asam belerang dll,sementara polutan yang masuk
ke tanah melalui sistem pertanian seperti: pestisida, herbisida dan nitrat.
Maka polusi tidak hanya terjadi pada sungai,danau tapi lebih terasa pada air
tanah yang dapat membinasakan mikroorganisme pada tanah.
4.
Polusi Suara
Penyebab dari polusi suara ialah adanya kebisingan yang biasanya
terjadi dikota-kota besar, dengan meningkatanya teknologi dan pertumbuhan
penduduk diperkirakan akan meningkat 2x lipat dalam 20th mendatang. Kebisingan tersebut
dapat berasasl dari suara kereta api, pesawat dll, yang tanpa disadari dapat
menyebabkan hilangnya daya pendengaran secara permanen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar